Saturday 3 January 2015

APA ITU DESAIN ELEMENTER?

Baru denger ya tentang Desain Elementer? sama hahaha


Mungkin banyak orang yang masih asing dengan mata kuliah Desain Elementer. Saya juga baru tau setelah masuk kuliah ternyata di DKV ada matkul yang namanya Desain Elementer . Nah sekarang saya jelasin ya tentang Desain Elementer. 

Jadi, di kampus saya Desain Elementer itu adalah mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh setiap anak di jurusan Desain Komunikasi Visual. Desain elementer itu sendiri adalah ilmu tentang dasar-dasar seni rupa yang mempelajari unsur dasar seni rupa seperti garis, bentuk, tipografi, warna dan juga mempelajari strategi penyusunan tata letak agar dapat dinikmati mata secara maksimal.

Di mata kuliah ini kita belajar banyak belajar bagaimana cara meletakan warna dan objek agar terlihat indah jika dilihat. Jadi, ilmu yang kita dapet dari mata kuliah ini sangat lah bermanfaat terutama ya untuk anak-anak desain. Setelah belajar desain elementer kita jadi tau cara membuat suatu objek yang simple tapi terlihat "wow" di mata wkwkwk. Cara belajarnya gampang kok, pertama kita harus mulai dulu dengan mengetahui dasar-dasar desain elementer.



Berikut ini adalah dasar-dasar Desain Elementer:

Titik
Titik itu ya titik, bagian terkecil yang ada dalam desain atau objek yang tidak memiliki panjang, dimensi, ukuran maupun bentuk.

Garis
Garis adalah penggabungan dari titik-titik yang membentuk barisan memanjang, tidak memiliki ujung dan batas atau limit.

Garis diliat dari limitnya di bagi menjadi 2 yaitu :
Garis nyata: Garis yang dihasilkan dari goresan atau coretan. Terlihat sangat jelas oleh mata kita.


 Contoh garis nyata

Garis Semu: Garis yang dihasilkan dari kesan batas yang kita tangkap dari suatu bidang, warna atau ruang. Garisnya ga keliatan tapi secara ga sadar itu keliatan.

Garis Semu Perikampus
Contoh garis semu
Bidang
Bidang adalah suatu bentuk objek dua dimensi yang terbentuk oleh garis, bisa dari 2 garis, 3 garis, atau 4 garis. Bidang dapat memanjang dan melebar secara terus-menerus ke segala arah, bidang ga punya ketebalan ataupun kedalaman.

Ruang
Ruang adalah daerah 3 dimensi yang tidak terbatas, ruang menimbulkan kesan luas, jarak dan dalam.

Warna
Warna adalah pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan suatu objek. Warna bisa memberikan bermacam-macam nuansa bagi orang yang tidak buta warna. Warna juga terbagi lagi menjadi warna primer, sekunder, tersier, warna panas dan warna dingin.
  Lingkaran Warna

Tipografi
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat membuat pembaca merasakan kenyamanan membaca secara maksimal.

Tata Letak
Tata letak itu adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menyusun, memadukan atau menata letak suatu tulisan, objek, bidang dan warna menjadi lebih menarik sehingga dapat dinikmati oleh orang yang melihatnya.

Nah sekarang udah tau kan tentang desain elementer dan dasar-dasar desain elementer? Kalau gitu kita lanjut kepraktiknya ya!!

1 comment:

  1. 2019 ford fusion hybrid titanium and steel - Titanium Art
    TITIAN ART titanium 170 welder DESCRIPTION. AT THE cerakote titanium WALK OF toaks titanium TIGER, titanium sponge T.I.T. is sugarboo extra long digital titanium styler the world's premier metal design platform.

    ReplyDelete